Pengertian Film Dokumenter dan Jenis-Jenisnya

Terdapat banyak genre dan jenis film yang ada. Beberapa macam genre film yang paling populer antara lain yaitu action, horor, comedy atau drama. Film dengan genre tersebut yang paling sering diproduksi dan tayang di bioskop. Selain itu juga ada genre genre film lain yang tidak kalah. Salah satunya adalah film dokumenter. Pengertian film dokumenter (documentary movie) adalah film yang mendokumentasikan suatu kenyataan dan fakta. Dalam film dokumenter tidak ada cerita fiktif yang dibuat-buat untuk mendramatisir adegan sepanjang film. Artinya, film dokumenter digunakan untuk merepresentasikan kenyataan dan menampilkan kembali fakta yang ada dalam kehidupan yang dibuat lebih terstruktur dalam durasi film. 

Istilah film dokumenter pertama kali digunakan dalam sebuah film Moana pada tahun 1926 lalu, tepatnya pada tanggal 8 Februari 1926. Resensi film tersebut dirilis oleh Robert Flaherty. Istilah dokumenter juga sempat digunakan untuk menggambarkan semua film non-fiksi. Hal ini berarti semua film yang menceritakan fakta dan kenyataan termasuk dalam jenis film dokumenter ini.

Pengertian Film Dokumenter dan Jenis-Jenisnya

Film dokumenter juga merupakan rekaman kejadian yang diambil langsung saat kejadian nyata sedang berlangsung. Dalam film dokumenter, unsur hiburan memang tidak terlalu ditonjolkan. Hal yang menjadi poin penting tentunya adalah pesan khusus dari tema film dokumenter tersebut. Meski begitu dalam beberapa film dokumenter juga menampilkan unsur entertain yang cukup.

Film dokumenter kerap digunakan sebagai media kritik sosial dengan memotret hal hal kelam dalam negara seperti potret kehidupan masyarakat miskin atau kesenjangan sosial yang terjadi dalam suatu negara. Selain itu film dokumenter juga digunakan untuk membuat film biografi suatu tokoh. Para artis, musisi dan penyanyi dunia yang populer juga sering membuat film dokumenter dengan video dokumentasi hasil konser dan show serta kehidupan sehari-hari mereka.



Biografi
Berisi potret, biografi dan profil perjalanan hidup suatu tokoh terkenal dunia, bisa berupa presiden, menteri, pengusaha, artis, musisi, dan lain-lain.
Contoh : Mandela, Salvador Dali, This Is It Michael Jackson

Sejarah
Berisi rekaman kejadian dan peristiwa bersejarah yang terjadi di masa lalu, bisa berupa perang, perjanjian, kehidupan masa lalu dan lain-lain.
Contoh : Triumph of the Will, Olympia I, Mutiara dari Timur

Traveling
Berisi footage laporan perjalanan lengkap ke tempat wisata atau tempat tempat tertentu bisa dalam bidang antropologi atau bidang hiburan saja.
Contoh : Nanook of the North, Song of Ceylon

Ilmu Pengetahuan
Berisi film dokumenter tentang pendidikan dan education yang memberikan informasi bisa dari bidang sains, teknologi, budaya dan lain-lain.
Contoh : Discovery Channel, National Geographic

Investigasi
Berisi rekaman penyelidikan dan investigasi secara jurnalistik suatu kasus atau peristiwa yang sedang dibahas dengan tujuan mengetahui lebih dalam.
Contoh : The Thin Blue, The Act of Killing


Itulah sedikit informasi mengenai pengertian film dokumenter dan jenis-jenisnya. Film dokumenter memang merupakan film yang berisi rekaman dari kejadian nyata tanpa adanya unsur fiksi sehingga film jenis ini menggambarkan kejadian yang nyata. Semoga info tersebut bermanfaat dan bisa menjadi referensi.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky

5 komentar

Benar sekali. Terimakasih sudah sharing. Saya pencinta film dokumenter Ilmu pengetahuan. Tapi sayang sekang mah jarang bangat

Waaaw....uraiannnya lengkap. Terimakasih.

blognya keren walaupun belum beli domain dan ada iklannya. mantap

kalau film dokumenter tang mengangkat tema tentang toleransi bergama masuk di genre mana ?


EmoticonEmoticon