Review dan Sinopsis Film Memento (2000)

Memento merupakan film bergenre misteri yang dirilis pada tahun 2000. Film ini merupakan film debut pertama dari sutradara Christopher Nolan, dan disebut sebagai salah satu breakthrough movie yang mulai melambungkan nama Nolan sebagai salah satu sutradara papan atas Hollywood. Memento dibintangi oleh sederet aktor ternama, mulai dari Guy Pearce, Carrie-Anne Moss hingga Joe Pantoliano. Film ini termasuk salah satu film misteri terbaik sepanjang masa. Dengan background cerita yang unik, film ini juga dikenal sebagai salah satu film dengan alur cerita yang membingungkan, dengan menggunakan kombinasi alur backwards dan forwards. Tak heran banyak penonton yang bingung dengan jalan ceritanya, namun jika mampu dicerna dengan baik, Memento menjadi salah satu film dengan storyline yang mengagumkan.

Film ini termasuk dalam kategori film independen dengan low-budget. Tak heran jika kemudian film Memento tidak termasuk dalam film blockbuster yang menghasilkan penghasilan box office yang besar. Meski begitu, kualitas Memento tidak perlu dipertanyakan. Memento mendapat rating 8.5 di situs IMDb dan 92% di situs Rotten Tomatoes, membuatnya masuk jajaran film elit sepanjang masa. Berikut kami tampilkan info dan reviewnya.


Poster Film Memento

Review dan Sinopsis Film Memento (2000)

Quote : 
"Remember Sammy Jankins" - Leonard Shelby


Cast Pemain : 
Guy Pearce, Carrie-Anne Moss, Joe Pantoliano, Mark Boone Junior

Informasi Umum : 
Sutradara : Christopher Nolan
Penulis : Christopher Nolan, Jonathan Nolan
Genre : Mystery
Tanggal Rilis : 25 Mei 2001
Durasi : 113 menit
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : Inggris
Produksi : Newmart Capital Group, Team Todd, I Remember Productions


Rating dan Penilaian :
  • IMDb Rating : 8.5
  • Rotten Tomatoes Meter : 92%
  • Metascore Critics : 80%
  • Rating NamaFilm : 9.5

Nominasi Oscar Academy Awards (2) : 
  • Best Original Screenplay
  • Best Editing

Scene Film Memento
Review dan Sinopsis Film Memento (2000)

Review dan Sinopsis Film Memento (2000)

Review dan Sinopsis Film Memento (2000)

Review dan Sinopsis Film Memento (2000)

Review dan Sinopsis Film Memento (2000)


Memento bercerita tentang Leonard Shelby, atau biasa dipanggil Lenny (Guy Pearce), seorang pria penderita gangguan short-term memory, yang membuat ia lupa akan semua yang terjadi sebelumnya, sehingga ia tidak bisa membuat ingatan baru. Lenny bertujuan untuk membalas dendam kematian istrinya yang telah dibunuh oleh seorang pria berinisial John G, yang juga membuat Lenny mendapat gangguan short-term memory tersebut. Agar tetap ingat, Lenny menuliskan petunjuk sang pembunuh sebagai tato di tubuhnya, sehingga ia tidak lupa dengan tujuannya tersebut.

Dengan latar belakang balas dendam, kita diajak melihat Lenny, yang mendapat masalah membuat ingatan baru, untuk mencari pembunuh istrinya. Yang membuat film ini unik, alur cerita disajikan secara backwards. Hal ini membuat kita seolah-olah berada pada posisi Lenny, yang mendapat gangguan short-term memory tersebut.

Alur cerita akan berjalan mundur hingga satu per satu petunjuk akan terkuak. Selain itu, juga ada satu alur khusus dengan warna hitam-putih yang kemudian akan berjalan mengiringi alur utama, hingga kedua alur bertemu di akhir film. Terdengar rumit memang, namun hal ini lah yang menjadi kelebihan Memento. Overall, film ini sangat layak untuk ditonton bukan hanya sekali, namun dua kali, karena dengan sekali menonton maka mustahil bagi penonton untuk langsung mencerna seluruh isi film.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon