Profil dan Biografi Lengkap Walt Disney

Walt Disney adalah seorang tokoh yang berperan penting dalam dunia film, terutama film animasi. Walt Disney lahir dengan nama lengkap Walter Elias Disney. Ia lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat pada tanggal 5 Desember 1901 dan kemudian meninggal di Burbank, California, Amerika Serikat pada tanggal 15 Desember 1966 di usia 61 tahun. Walt Disney dikenal sebagai seorang produser film, pengisi suara dan juga sutradara animator yang berpengaruh. Walt Disney bersama Roy O. Disney merupakan pendiri perusahaan Walt Disney Productions atau biasa disingkat Disney saja. Tentunya sudah diketahui jika Disney merupakan salah satu studio film animasi terpopuler di dunia, yang lebih fokus dalam pembuatan film film animasi yang berkualitas. Diperkirakan tiap tahunnya Disney mampu meraup keuntungan sebesar 35 milliar US dolar. Berikut akan kami hadirkan profil dan biografi Walt Disney selengkapnya.

Profil dan Biografi Lengkap Walt Disney

Biodata Walt Disney

Nama Lengkap: Walt Disney 
Tanggal Lahir: Kamis, 5 Desember 1901 
Tempat Lahir: Chicago, Illinois, Amerika 
Meninggal: California, 15 Desember 1966 
Kewarganegaraan: Amerika Serikat
Pekerjaan: Sutradara animasi, produser film, pengusaha
Zodiac: Sagitarius 


Biografi Walt Disney

Walt Disney merupakan seorang pekerja keras yang memulai semuanya dari nol. Ia memulai karirnya dengan membuat perusahaan yang menangani iklan film. Ia juga dikenal berkat ide orisinil dan kreatif yang selalu ia hasilkan. Walt Disney kemudian mencoba untuk membuat film film animasi pendek dengan teknik yang ia kembangkan di sebuah garasi. Sketsa animasi film film animasi Walt Disney kemudian mampu menghasilkan film kartun pertamanya yang diputar di bioskop.

Awalnya film kartun buatan Walt Disney hanya merupakan selingan iklan dari film film lain. Namun kemudian karena banyak yang menyukainya, film flm Walt Disney pun diputar secara eksklusif. Film kartun pun menjadi populer. Di usia muda ia pun menjadi cukup populer. Meski begitu ia sempat mengalami masa suram dengan kebangkrutan yang ia alami. Tidak adanya modal dan dana yang cukup membuat bisnis Walt Disney sempat hancur.

Walt Disney kemudian bertekad membangun kembali karirnya dengan pergi ke Hollywood untuk mewujudkan cita-citanya. Ia kemudian sukses mendapat kontrak lewat rangkaian film seri Alice in Wonderland yang ia buat. Walt Disney lalu bisa membuat studio nya sendiri yang diberi nama Walt Disney. Ia lalu menciptakan tokoh tokoh kartun populer seperti Mickey Mouse. Kehadiran Mickey Mouse kemudian mengubah industri kartun dunia. Karakter Mickey Mouse mampu populer bahkan melebihi bintang dan artis Hollywod saat itu. Ia kemudian mulai merekrut banyak asisten dan pekerja dan melatihnya agar memiliki skill kartunis yang baik. Walt Disney juga mendirikan sekolah animasi untuk mengajarkan ilmu yang ia punya.

Pada tahun 1938, sebuah sejarah tercipta dimana Walt Disney membuat film animasi panjang full-length pertama di dunia film yaitu cerita putri salju, Snow White and the Seven Dwarfs. Butuh dua tahun untuk membuat film bioskop animasi pertama itu. Kesuksesan film ini membuat Disney Studios makin sibuk. Banyak tawaran pembuatan film datang. Berbagai film animasi populer dan klasik lain ia buat seperti Peter Pan, Cinderella, Fantasia atau Bambi. Walt Disney kemudian juga sukses membangun taman hiburan untuk anak-anak bernama Disneyland.

Hingga kini, Walt Disney dianggap sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam industri film. Walt Disney Studios masih terus memproduksi film film animasi kartun 2D dan 3D yang berkualitas yang sering masuk dalam list film kartun terbaik. Sepanjang karirnya, ia juga banyak mendapat penghargaan, seperti 32 kali piala Oscar, 5 kali Emmy Awards dan lebih dari 900 tanda kehormatan. Walt Disney juga menjadi perintis sejarah animasi dan salah satu orang terkaya dan tersukses dalam industri film di dunia.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon