Pengertian dan Daftar Subgenre Film Action

Film Action - Film terdiri dari berbagai genre. Salah satu genre film paling populer adalah film action. Film action menjadi populer karena menghadirkan banyak aksi aksi laga yang seru dan menegangkan. Kehadiran film aksi menjadi produk unggulan film film Hollywood. Selain itu film action juga menjadi ciri khas dari film film Hong Kong dan film film Asia. Di Indonesia, film action memang tidak terlalu banyak, meski begitu ada juga beberapa film action Indonesia yang sukses dan mampu populer. 

Film action dikenal berkat adanya aksi aksi laga yang seru di dalamnya. Film action juga menghadirkan satu atua banyak tokoh yang bertindak sebagai pahlawan yang harus menghadapi tantangan dengan disertai dengan baku hantam, perkelahian, kekerasan, aksi pengejaran, baku tembak polisi dan aksi aksi lainnya. Dalam film action juga terdapat villain berupa teroris, perampok, psikopat, penjahat atau mafia gangster yang menjadi tokoh antagonis utama dalam film.

Pengertian dan Daftar Subgenre Film Action

Selain itu perkembangan teknologi grafis animasi komputer dan CGI yang makin maju membuat visual efek. Film film action terutama yang berasal dari barat produksi Hollywood memang sangat erat dengan adegan bom dan ledakan, serta tembak menembak. Film film action Hollywood juga banyak menghadirkan aksi kejar mengejar dengan mobil dan kendaraan, teknik grafis CGI serta aksi aksi dari stunt doubles. 

Sementara film film action Asia produksi Hong Kong lebih banyak menghadirkan aksi laga berupa perkelahian dan pertarungan tangan kosong dengan teknik kung fu, karate atau seni bela diri lainnya. Pelibatan geng geng dan sindikat juga sering terlibat dalam genre film ini

Film action bisa dikombinasikan dengan genre genre film lain sehingga menghadirkan subgenre film baru. Ada banyak subgenre film film action. 

Subgenre film action :

Film Action Comedy
Film action yang dikombinasikan dengan komedi yang menmpilkan unsur unsur humor yang lucu dan kocak.
Contoh : Dumb & Dumber, Bad Boys, Rush Hour, 21st Jump Street, The Other Guys

Film Action Horror
Film action yang dikombinasikan dengan unsur horor yang menyeramkan dan mencekam yang menghadirkan unsur supranatural dari kekuatan jahat berupa iblis, hantu, vampire, atau zombie.
Contoh : Legion, Resident Evil, Blade, Constantine, Priest

Film Action Thriller
Film action yang dikombinasikan dengan unsur unsur thriller yang menegangkan yang menghadirkan musuh-musuh dan teroris flamboyan, unsur kekerasan, berpacu dengan waktu serta biasanya menghadirkan satu tokoh pahlawan utama.
Contoh : Die Hard, Under Siege, Speed, Rambo, Lethal Weapon

Film Disaster
Film action yang menghadirkan sebuah bencana alam atau bencana fiksi.
Contoh : Independence Day, 2012, The Day After Tomorrow, Armageddon, Deep Impact

Film Martial Arts
Film action yang menghadirkan elemen seni bela diri, seperti kung fu, karate, silat, dan lain-lain dan biasanya berasal dari film film Asia.
Contoh : Kung Fu Hustle, The Raid Redemption, Drunken Master, Enter the Dragon

Film Sci-Fi Action
Film action yang dikombinasikan dengan unsur sains fiksi.
Contoh : The Matrix, The Terminator, Minority Report, Inception, Transformers, Star Wars

Film Spy
Film action yang menghadirkan unsur spionase, mata-mata dan agen rahasia.
Contoh : Mission Impossible, The Bourne Series, James Bond (Casino Royale, Skyfall, dll)

Film action yang menghadirkan unsur superhero berupa pahlawan dengan kekuatan super, biasanya diadaptasi dari komik.
Contoh : Superman, Spiderman, The Dark Knight, The Avengers, Hulk, Iron Man, X-Men


Itulah sekilas informasi mengenai pengertian film action serta daftar kumpulan subgenre film action. Film action kini memang menjadi salah satu genre film yang paling dimintati di seluruh dunia. Tak heran jika banyak film action baru yang muncul tiap tahunnya. Semoga info tersebut bisa bermanfaat.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky

1 komentar so far

Izin admin, boleh tau sumber referensinya dri buku apa?


EmoticonEmoticon