Review Film Ada Apa dengan Cinta? (2002)

Ada Apa dengan Cinta? merupakan film drama romance asal Indonesia yang dirilis pada tahun 2002. Film ini mengusung tema utama percintaan remaja. Ada Apa dengan Cinta disutradarai oleh Rudi Soedjarwo. Film juga menghdirkan jajaran cast yang cukup berkualitas, yaitu Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo. Film Ada Apa dengan Cinta merupakan salah satu film lokal terbaik sepanjang masa. Film ini juga kerap disebut sebagai landmark film lokal, dan menandai kebangkitan perfilman dalam negeri setelah sebelumnya sempat terpuruk. Ada Apa dengan Cinta sangat sukses, baik secara komersil maupun penilaian. Film ini juga menandai film dengan tema sejenis yang kemudian booming di tahun-tahun berikutnya.

Ada Apa dengan Cinta (AADC) juga menghadirkan soundtrack yang bagus, dengan Melly Goeslaw sebagai penyanyi utama dalam album soundtracknya. AADC kemudian juga sukses menyabet beberapa penghargaan nasional, termasuk dalam ajang Piala Citra. Akting dari Nicholas Saputra dan Dian Sastro juga patut mendapat apresiasi yang tinggi. Sekuel film ini, Ada Apa dengan Cinta? 2 (AADC2) telah dirilis tahun 2016 lalu.


Poster Film Ada Apa dengan Cinta?

Review dan Sinopsis Ada Apa dengan Cinta? (2002)

Quote :
"Salah gue? Salah temen-temen gue?" - Cinta


Cast Pemain : 
Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Ladya Cheryll, Titi Kamal, Sissy Priscillia

Informasi Umum : 
Sutradara : Rudy Soedjarwo
Penulis : Jujur Prananto, Prisma Rudi
Genre : Drama, Romance
Tanggal Rilis : 8 Februari 2002
Durasi : 112 menit
Negara : Indonesia
Bahasa : Indonesia
Produksi : Miles Production


Scene Film Ada Apa dengan Cinta

Review dan Sinopsis Ada Apa dengan Cinta? (2002)

Review dan Sinopsis Ada Apa dengan Cinta? (2002)

Review dan Sinopsis Ada Apa dengan Cinta? (2002)



Ada Apa dengan Cinta bercerita tentang kehidupan cinta di masa-masa SMA. Kisahnya berpusat pada Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra). Cinta merupakan pelajar SMA yang ahli membuat puisi, sedangkan Rangga merupakan tipe laki-laki yang pendiam dan dingin. Keduanya kemudian menjalin hubungan. Namun kisah cinta mereka tidak semulus yang mereka bayangkan.

Ada Apa dengan Cinta bisa dibilang sebagai film remaja paling original di Indonesia. Film ini menjadi pelopor dari film-film sejenis yang kemudian mendominasi industri film dan TV di Indonesia. Meski begitu soal kualitas, Ada Apa dengan Cinta bisa dibilang masih yang terbaik, karena banyak film-film sejenis yang hanya menyajikan cerita yang tidak berbobot. Tak heran jika film ini layak disebut sebagai salah satu film Indonesia terbaik.


-NamaFilm-

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon