Sejarah dan Informasi Film Bollywood India

Film India kini menjadi salah satu industri film yang terdepan di antara negara-negara lain. Industri perfilman India, yang biasa disebut dengan sebutan Bollywood, menjadi salah satu penghasil film terbanyak dan terproduktif, disamping film Hollywood (Amerika) dan juga film Hong Kong. Film Bollywood menyajikan tontonan yang tak kalah bagus, dan memiliki ciri khas unik tersendiri. Banyak film-film Bollywood yang kemudian berhasil sukses, tidak hanya di India, namun juga di seluruh Asia, atau bahkan dunia. Selain itu aktor dan aktris Bollywood juga banyak yang populer, sebut saja seperti Shahrukh Khan, Aishwarya Rai, Amir Khan dan Kajol. Berikut akan kami tampilkan sejarah dan fakta-fakta terkait industri film India.

Sejarah dan Informasi Film Bollywood India

Sejarah Film Bollywood

Industri film India sudah dimulai sejak tahun 1913. Film India pertama yang dirilis berjudul Raja Harishchandra dan dirilis dengan format awal silent movie. Film bersuara pertama baru dirilis tahun 1931, dengan judul Alam Ara. Era 1930an kemudian menjadi awal produktivitas dunia film di negara India. Tak kurang lebih dari 100 film dirilis dalam kurun 1 tahun saja oleh para sineas dan para pelaku bidang film di India. Hal itu pun menandai kebangkitan industri film tersebut.

Di tahun 1940an, gangguan perang dan gerakan separatisme sempat membuat jumlah film yang diproduksi berkurang secara drastis. Namun kemduian film film India kembali bangkit di tahun 1950-an, terutama setelah adanya teknologi film berwarna. Nama Bollywood kemudian pertama kali diperkenalkan mulai pada tahun 1970-an. Hingga kini Bollywood pun menjadi sebutan tidak resmi untuk pusat film di India.


Fakta Film Bollywood

Bollywood sendiri berasal dari 2 kata, yaitu Bombay, kota pusat film di India dan Hollywood, industri film terbesar asal Amerika. Selain Bombay, kota kota lain penghasil film di India antara lain adalah Mumbai, Kodambakkam, Chennai dan Hyderabad. Sejak awal pengenalan film bersuara, film film Bollywood menggunakan bahasa Hindi, dan terkadang menggunakan bahasa Urdu. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak film India yang menyisipkan bahasa Inggris.

Ciri khas dan karakteristik unik dari film film India yang berbeda dari film lainnya adalah adanya scene musikal khusus yang disisipkan dalam tiap film yang dirilis. Hampir sebagian besar film India memiliki momen musikal tersebut, dimana para pemain bernyanyi dan berdansa di sela-sela film sesuai alur cerita yang ditawarkan. Lagu lagu dari soundtrack film India ini kemudian bisa menjadi populer, dan biasanya berbanding lurus dengan kesuksesan film tersebut.

Hingga kini, indusfri film Bollywood pun menjadi salah satu yang industri film paling produktif di dunia. Tak kurang lebih dari ratusan judul film diproduksi tiap tahunnya oleh para sineas lokal India. Berbagai judul film atau aktor India juga banyak yang mampu go internasional, yang paling terkenal tentunya yaitu Shahrukh Khan. Sekian info film India kali ini.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon