Review dan Sinopsis Film Avatar (2009)

Avatar merupakan film sci-fi populer yang dirilis pada tahun 2009. Film ini diarahkan oleh sutradara kawakan, James Cameron. Beberapa cast yang terlibat dalam film science fiction ini antara lain adalah Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Michelle Rodriguez dan Sigourney Weaver.  Avatar bersetting pada planet Pandora, yang dihuni oleh makhluk biru besar dari suku Na'vi. Film Avatar ini mampu mencatatkan namanya dalam sejarah film sebagai film pertama dengan penggunaan teknologi motion picture, menjadikan film ini salah satu film paling berpengaruh dan paling inovatif. Film ini juga tersedia dalam format 3D. Avatar juga tercatat sebagai film tersukses dunia dengan total pemasukan terbanyak sepanjang masa, melampaui rekor sebelumnya yang dipegang Titanic yang juga disutradarai oleh James Cameron. Hal ini membuat film ini menjadi salah satu film paling populer dan paling laris sepanjang sejarah film.

Proses pengembangan film Avatar sudah dimulai jauh jauh sejak tahun 1994. Namun karena perkembangan teknologi yang belum memadai di era tersebut, film ini kemudian baru mulai diproduksi di era 2000-an, tepatnya sekitar tahun 2005. Film ini mendapat respon positif, terutama karena visual efek yang luar biasa dengan teknologi motion capture nya. Avatar juga sukses mendapat 9 nominasi Academy Awards, dan memboyong 3 Oscars di antaranya. Sekuel Avatar pun akan segera dirilis dalam beberapa tahun ke depan. Berikut kami tampilkan info review dan sinopsis dari film ini.

Poster Film Avatar

Review dan Sinopsis Film Avatar (2009)

Quote
"Shut up and fly straight!" - Jake Sully


Cast Pemain : 
Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Michelle Rodriguez, Sigourney Weaver

Informasi Umum : 
Sutradara : James Cameron
Penulis : James Cameron
Genre : Sci-Fi, Fantasy, Adventure, Action
Tanggal Rilis : 18 Desember 2009
Negara : Amerika Serikat, Inggris
Bahasa : Inggris (utama), Spanyol
Produksi : Twentieth Century Fox Film, Dune Entertainment, Ingenious Film Partner's


Rating dan Penilaian :
  • IMDb Rating : 7.9
  • Rotten Tomatoes Meter : 83%
  • Metascore Critics : 83%
  • Rating NamaFilm : 7.2

Nominasi Oscar Academy Awards (9) :
  • Best Cinematography (Win)
  • Best Visual Effects (Win)
  • Best Art Direction (Win)
  • Best Picture
  • Best Director
  • Best Film Editing
  • Best Original Score
  • Best Sound Mixing
  • Best Sound Editing

Scene Avatar


Review dan Sinopsis Film Avatar (2009)

Review dan Sinopsis Film Avatar (2009)

Review dan Sinopsis Film Avatar (2009)



Avatar bersetting di sebuah planet bulan Pandora yang dihuni oleh suku Na'vi, makhluk humanoid biru dengan postur tinggi. Planet tersebut memiliki kandungan energi unobtanium yang berharga bagi manusia dan satu-satunya cara yaitu dengan mengeksploitasi habitatnya. Jake Sully (Sam Worthington), seorang mantan angkatan laut yang lumpuh, kemudian mendapat misi penting untuk mengamati habitat dari suku Na'vi dengan menggunakan Avatar, hybrid dari Na'vi yang dikendalikan lewat sebuah mesin. Namun saat Jake memasuki kehidupan suku Na'vi yang damai dan tentram, ia pun mulai bimbang antara menghancurkan habitat Na'vi demi untuk mendapat unobtanium atau malah membelanya dari ancaman eksploitasi manusia.

Avatar sebenarnya menghadirkan tema yang cukup klise, yaitu tentang eksploitasi alam oleh manusia. Namun semuanya dikemas dengan sangat apik. Konsep Avatar pun juga banyak dipuji. Film ini kemudian begitu populer dan mampu memecahkan banyak rekor, termasuk total pendapatan terbesar sepanjang sejarah film. Sekuel film ini pun akan segera dirilis akhir tahun 2018. Selain itu tiga sekuel lagi juga akan direncanakan setelah tahun 2020 mendatang.


-NamaFilm-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon